PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 11 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Naim, Sahlun , Alexon, Alexon, Sri , Irawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5109/1/SAHLUN%20NAIM%20rev1-0.pdf http://repository.unib.ac.id/5109/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV Negeri 11 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru IPS untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terutama pada mata pelajaran IPS.