PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MEMPERBANYAK KOSA KATA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK B1/B2 DI TK TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU

Main Authors: Eriani, Reri, Saparahayuningsih, Saparahayuningsih, Izzudin, Izzudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5103/1/skripsi%20data-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5103/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara dengan memperbanyak kosa kata anak melalui media gambar di TK Tunas Harapan “Subjek penelitian anak kelas B1/B2 Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu Tahun 2011 dengan jumlah anak 25 orang, yang terdiri dari 13 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi yang saling terkait dan berkelanjutan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi anak. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah data statistik sederhana berupa persentase dan uji rata-rata. Hasil penelitian pada siklus I, terdiri dari tiga aspek yaitu menyebutkan nama benda berdasarkan gambar makanan dan minuman, menunjuk gambar yang disebutkan guru, melengkapi kalimat berdasarkan gambar diperoleh rata-rata 60%. Siklus II terdiri dari tiga aspek yaitu menyebutkan gambar pakaian, menunjuk gambar pakaian yang disebut guru, bercerita dengan gambar yang telah disediakan mengalami peningkatan menjadi 84%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara dengan memperbanyak kosa kata anak.