PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION ( PBI ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (DI KELAS VB SDN 69 KOTA BENGKULU)
Main Authors: | Wati, , Ratna, Dalifa, Dalifa, Lukman, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5100/1/Skripsi%20Ratna%20Wati.pdf http://repository.unib.ac.id/5100/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VB SDN 69 Kota Bengkulu, dengan menerapkan model Problem Based Instruction. Subyek/ populasi sampel penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN 69 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2010-2011. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar dengan teknik analisis data observasi, dan hasil belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 36,25 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 35,25 dengan kriteria baik. Pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 40,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 40,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 70,43. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 77,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya di kelas VB SD Negeri 69 Kota Bengkulu.