UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN UMPAN BALIK BERUPA MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 06 PADANG GUCI HULU
Main Authors: | Yuniarti, Miri, Daimun , Hambali, Herman , Lusa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5092/1/SKRIPSI%20%20MIRI%20%20PDF%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/5092/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan umpan balik berupa media gambar. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V SDN 06 Padang Guci Hulu yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan lembar tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan umpan balik berupa media gambar. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan tes untuk mengetahui prestasi siswa pada proses pembelajaran, Hasil penelitian menunjukkan : (1) Aktivitas guru pra siklus dengan nilai rata-rata 11, siklus I 17,25 dan siklus II 27,5. (2) Aktivitas siswa pra siklus dengan nilai rata 9, siklus I 13,5 dan siklus II 23,5. (3) hasil belajar siswa pada pra siklus dengan nilai rata-rata 57,14 dan ketuntasan belajar klasikal 57,14%. Siklus I diperoleh rata-rata 68,22 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 68,22%. Pada siklus II diperoleh rata- rata 85,71 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Perolehan pada siklus II ini memenuhi kriteria ketuntasan, yaitu 85% siswa memperoleh nilai > 70 dan proses pembelajaran dikatakan tuntas secara individu apabila siswa memperoleh nilai > 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka pengunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, serta aktivitas guru pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 06 Padang Guci Hulu.