UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPANPENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA KELAS IV SD NEGERI 3 KAUR SELATAN
Main Authors: | Hartanto, Midi, Daimun , Hambali, Herman , Lusa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5090/1/SKRIPSI%20%20MIDI%20HANTONO%20PDF%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/5090/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualiatas dan prestasi hasil belajar Matematika melalui Penerapan pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share pada pada kelas IV SD Negeri 3 Kaur Selatan yang berjumlah 32 orang pada materi bangun datar. Permasalahan yang diteliti adalah apakah Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa Pada Pembelajaran Matematika kelas IV SDN 3 Kaur Selatan ?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan 2 (dua) siklus. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, tes. Dari hasil pengamatan pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 69,07 dengan kategori cukup dan siswa yang mendapatkan nilai ≥ 55 hanya 76,57%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa rata-rata menjadi 75,32 dengan kategori baik, sedangkan siswa yang mendapat nilai ≥ 55 sudah mencapai 87,51%. Dari pelaksanaan PTK yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pembelajaran TPS dapat meningkatkan kualitas dan prestasi hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Negeri 3 Kaur Selatan Kabupaten Kaur.