PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Aprianto, Joni, Lukman, Lukman, Sazili, Muchtar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5075/1/JONI%20APRIANTO.pdf
http://repository.unib.ac.id/5075/
Daftar Isi:
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal penerapan pendekatan kooperatif harus menggunakan suatu model yang mampu mendukung serta menyatukan keberagaman siswa. Model yang dirasa tepat dalam pendekatan pembelajaran kooperatif ini adalah kooperatif tipe jigsaw.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apakah penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dan (2) apakah penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dan (2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan pada bulan Oktober dan November 2011. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 20 orang siswa. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dengan skor hasil observasi pada siklus I 5,25 meningkat menjadi 7,75 pada siklus II dan Penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dengan skor nilai rata-rata tes pada siklus I 64 meningkat menjadi 71,5 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa.