PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU

Main Authors: Ikam., Sri ZZ, Badeni, Badeni, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5071/1/Skripsi%20Ikam%20Sri%20ZZ-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5071/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menemukan strategi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang paling tepat melalui metode role playing di kelas IV SD Negeri 45 kota Bengkulu, (2)Untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui metode role playing di kelas IV SD Negeri 45 kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan..Tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu yang terdiri dari 31 siswa pada tahun pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1)strategi yang efektif dalam pembelajaran IPS menggunakan metode Role Playing, ada 9 aspek yaitu : a) Menghangatkan suasana dan memotivasi peserta didik; b) Memilih Partisipan/peran; c) Menyusun tahap-tahap peran; d) Menyiapkan pengamat; e) Pemeranan; f) Diskusi dan evaluasi; g) Pemeranan ulang; h) Diskusi dan evaluasi tahap dua; i) Membagi pengalaman dan mengambil kesimpulan ; (2) penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata yaitu pada siklus I mendapat nilai rata-rata 6,13 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,2% dan untuk siklus II diperoleh nilai rata- rata 8,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar. Serta kualitas proses pembelajaran IPS di keles IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu.