PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V PADA SDN 60 BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Anderi, Heni , Hadiwinarto, Hadiwinarto, Ismail, Ismail |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5066/1/HENI%20ANDERI.pdf http://repository.unib.ac.id/5066/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan di kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan mengacu pad aketuntasan belajar klasikal, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I. diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 33,5 dengan criteria baik, pada siklus II rata-rata sekor guru 36 dengan criteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa siklus I sebesar 33,5 dengan criteria baik dan siklus II 36. Metode pengumpulan data menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase ketuntasna belajar klasikal dan daya serap klasikal, sednagkan data observasi analisis dengan menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, kisaran nilai tiap criteria. Hasil analisis ketuntasan hasil ix belajar secara klasikal pada siklus I seebsar 73,33% dengan nilai rata-rata 69,33. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 100% dengan rata-rata meningkat menjadi 77,0. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya di kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan.