PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DAN DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-B SLB NEGERI MUSI RAWAS

Main Authors: Rosita Utari , Eka , Santoso, Santoso, I Wayan , Dharmayana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5048/1/EKA%20ROSITA%20U.pdf
http://repository.unib.ac.id/5048/
Daftar Isi:
  • Penggunaan Metode Bermain Peran dan Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Menungkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-B SLB Negeri Musi Rawas. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya nilai pada mata pelajaran kita yang berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk itu peneliti ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Bermain Peran dan Demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai pelaksana tindakan dan dibantu oleh dua orang rekan guru sebagai pengamat. Hasil belajar didapatkan melalui evaluasi akhir.Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada siklus pertama secara umum proses pembelajaran belum berhasil. Pada siklus kedua proses pembelajaran lebih ditingkatkan baik aktifitas guru maupun aktifitas siswa. Hasil penelitian pada siklus kedua hasil belajar yang diperoleh telah memuaskan,dibuktikan dengan hasil belajar telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan dua metode yang dikolaborasikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi Penampakan Bulan pada pelajaran IPA. Selain itu penerapan metode Bermain Peran dan Demonstrasi dapat meningkatkan aktifita guru dan siswa.