PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA ALAMI SISWA KELAS IV SDN 18 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Epriyanti, Epriyanti, Sazili, Muchtar, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5047/1/EFRIYANTI.pdf
http://repository.unib.ac.id/5047/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di kelas IV B SD Negeri 18 Bengkulu Selatan. Dengan inti permasalahan apakah dengan penggunaan media gambar dan media alami dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 25 orang, 11 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Proses pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan dan bertindak sebagai guru kelas, kegiatan yang dilakukan adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, menyiapkan media gambar dan media alami serta mengajarkan pelajaran IPA di kelas IV B dengan menggunakan media sebagai alat bantu peningkatan prestasi belajar siswa setelah penggunaan media gambar dan media alami. setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan media alami sebagai alat bantu, pada tindakan I nilai rata-rata siswa yang dicapai adalah (72), pada tindakan II nilai rata-rata siswa adalah (80,4). Dari hasil nilai rata-rata siswa diatas dapat diartikan bahwa ada peningkatan pada prestasi belajar siswa kelas IV B dengan penggunaan media gambar dan media alami sebagai alat bantu pengajaran secara cepat, tepat dan bervariasi.