PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 166 SELUMA
Main Authors: | Martopa, Dian , Sazili, Muchtar, Resnani, Resnani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5043/1/DIAN%20MARTOPA.pdf http://repository.unib.ac.id/5043/ |
Daftar Isi:
- Penerapan metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar metematika siswa kelas V SDN 166 Seluma. Yang bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 166 Seluma. Melalui penelitian ini diharapkan dapat dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan metode inquiry. Penelitian ini dilakukan kelas V 166 Seluma dengan jumlah siswa 30 orang. Pengumpulan data tentang peningkatan-peningkatan hasil belajar siswa dalam peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inquiry diambil melalui tes, sehingga persentase ketuntasan klasikal dapat diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 6,87 dengan ketuntasan klasilkal 56,67 % pada dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 8,62 dengan ketuntasan klasikal mencapai 86,67 %. Jadi setiap terjadi perlakuan tindakan terdapat penambahan peningkatan hasil belajar siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode inqury dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas V SDN 166 Seluma dapat meningkatkan hasil belajar siswa.