PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” MELALUI TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU

Main Authors: Hartadi, , Dedhi., Endang , Widi Winarni, Nani , Yuliantini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5037/1/Skripsi%20Dedhi%20Hartadi-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5037/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 58 Kota Bengkulu dengan menggunakan Model Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 81 nilai rata- rata 40.5 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus II diperoleh skor 90 nilai rata-rata 45 dengan kriteria “baik”. (2) Observasi siswa siklus I diperoleh skor 85 nilai rata-rata 42.5 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus II diperoleh skor 92 nilai rata-rata 46 dengan kriteria “baik”. (3) Ranah kognitif siklus I sebagai berikut: SBK : 70,59, IPS: 79,41, Matematika: 66,17, IPA: 80,88, Bahasa Indonesia: 76,17, dan PKn: 79,85. Nilai meningkat pada siklus II yaitu: Bahasa Indonesia: 8088, Matematika: 76,32, PKn: 84,26, IPS: 80,88, IPA: 83,82 dan SBK: 73,97. (4) Ranah afektif siklus I sebagai berikut: Bahasa Indonesia: 10,17 kategori cukup, IPS: 10,44 kategori cukup, SBK: 10,47 kategori cukup, Matematika: 10,26 kategori cukup, IPA: 10,38 kategori cukup, PKn: 10,41 kategori cukup.Nilai afektif meningkat pada siklus II, yaitu: Bahasa Indonesia: 12,6 kategori baik, IPS: 12,63 kategori baik, SBK: 12,71 kategori baik, Matematika: 12,54 kategori baik, IPA: 12,6 kategori baik, PKn: 12,6 kategori baik (5) Ranah psikomotor siklus I sebagai berikut: Bahasa Indonesia: 9,01 kategori cukup, IPS: 8,89 kategori cukup, SBK: 8,71 kategori cukup, Matematika: 9,01 kategori cukup, IPA: 8,59 kategori cukup, PKn: 8,98 kategori cukup.Nilai psikomotor meningkat pada siklus II, yaitu: Bahasa Indonesia: 9,96 kategori baik, IPS: 10,22 kategori baik, SBK: 10,18 kategori baik, Matematika: 9,81 kategori baik, IPA: 10,13 kategori baik, PKn: 9,84 kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik Model Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share dapat Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 58 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan Model Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share dalam pembelajaran tematik khusus nya kelas rendah I, II dan III.