HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 51 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Yuliarti, Yuliarti, Rita , Sinthia, Lukman, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5030/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-yul.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5030/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-yul.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5030/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Siswa kelas V SDN 51 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 51 Kota Bengkulu yang berjumlah 45 orang. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 70 soal yang mengukur tentang kecerdasan emosional siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil menunjukkan bahwa r hitung = 0,926 yang berada pada arah yang positif dengan korelasi yang sedang atau cukup, sedangkan untuk uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 0,545. Dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih tinggi daripada r tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan kata lain Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 51 Kota Bengkulu.