OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KIMIA PEMISAHAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN MODEL PETA KONSEP

Main Author: Elvinawati , Elvinawati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Bengkulu , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/503/1/04.%20Elvinawati%20Hal.%2023-28.pdf
http://repository.unib.ac.id/503/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran kimia pemisahan di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNIB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah dosen pengampu mata kuliah serta mahasiswa program studi pendididkan kimia yang mengambil mata kuliah kimia pemisahan pada tahun ajaran 2010/ 2011 yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I berada dalam kategori cukup, serta mencapai kategori baik pada siklus II dan III. Sedangkan daya serap pada siklus I, II dan III adalah 60,20%, 68,30% dan 71,58% dengan ketuntasan belajar klasikal berturut-turut 47,50%, 70,00% dan 82,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dan model peta konsep dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran kimia pemisahan di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNIB, yaitu dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar mahasiswa.