PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 123 SELUMA
Main Authors: | Narni, Yosi, Daimun , Hambali, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5029/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-yos.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5029/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-yos.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5029/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme .Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas ( Clasroom Action Research ) sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 123 Seluma . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor,skor tertinggi,skor terendah,selisih skor dan kisaran, sedangkan untuk data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah : 1) pada siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas guru 23 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus ke dua 32,25 dengan kategori baik, 2) perolehan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 22,5 dengan kategori cukup, meningkat 33,5 dengan kategori baik,3) perolehan rata-rata tes 64,72 dengan ketuntasan belajar klasikal 55,56 %,meningkat dengan nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan belajar 83,33%.Dengan demikian pendekatan meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar pada pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN 123 Seluma.