KORELASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI SD NEGERI 04 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Dewi, Winda Sari., Anni , Suprapti, Pudji , Hartuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5028/1/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-win.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5028/2/I%2CII%2CIII%2C1-13-win.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5028/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilaksanakan di SD Negeri 04 Kota Bengkulu, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah dengan kepuasan kerja guru di SD Negeri 04 kota Bengkulu. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri 04 kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 40 pernyataan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “korelasi ganda dan korelasi parsial”. Hasil menunjukkan bahwa korelasi antara kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan iklim organisasi sekolah diperoleh R hitung sebesar 0,819, hasil uji korelasi antara kepemimpinan kepala sekolah dengan iklim organisasi sekolah, dengan variabel kontrol iklim organisasi diperoleh r hitung sebesar 0,605, hasil uji korelasi antara iklim organisasi sekolah dengan variabel kontrol kepemimpinan kepala sekolah diperoleh r hitung sebesar 0,667. Berdasarkan uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan r tabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 0,482, dengan kata lain Ho ditolak sedangkan Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan iklim organisasi sekolah (X2) secara bersama-sama memiliki hubungan positif terhadap kepuasan kerja guru (Y). Apabila iklim organisasi sekolah (X2) dikendalikan terdapat korelasi positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan kepuasan kerja guru (Y). Apabila kepemimpinan kepala sekolah (X1)dikendalikan terdapat korelasi yang positif antara iklim organisasi sekolah (X2)dengan kepuasan kerja guru (Y). Kepala sekolah harus lebih memperbaiki kepemimpinannya dan menciptakan iklim organisasi yang baik bersama-sama dengan guru dan warga sekolah yang lain. Sehingga kepuasan kerja guru akan semakin meningkat.