HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Resnani, Resnani, Nani , Yuliantini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5021/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-sri.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5021/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-sri.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5021/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Instrumen pengumpulan data untuk mengetahui minat belajar menggunakan angket yang mengacu pada Skala Likert. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar peneliti menggunakan nilai rata-rata ulangan formatif semester 1 TA 2012/2013. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu dengan nilai rhitung 0,314 > rtabel 0,275. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rhitung lebih lebih besar daripada rtabel pada taraf signifikansi 5 %. Dengan kata lain, hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu