PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVINGDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 11 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH
Main Authors: | Estuning, Sri, Ismail, Ismail, Karjiati, Karjiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5020/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-sri.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5020/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-sri.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/5020/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena masih kurangnya aktivitas belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap rendahnya tingkat ketuntasan nilai matematika siswa kelas IV SD Negeri 11 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanaktivitas pembelajarandan hasil belajar siswa, dengan penerapan metode Problem solving menggunakan media garis bilangan pada mata pelajaran matematika kelas IV SDNegeri11 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.Instrumen yang digunakan yaitu: lembar observasidan lembar tes tertulis.Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 27 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor 35,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 29,25 dengan kriteria cukup meningkat dan pada siklus II dengan rata-rata skor menjadi 35,5 dengan kriteria baik. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 65,12 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 51%, dan untuk siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi77,34 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 87,87%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan metode Problem Solving menggunakan media garis bilangan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 11 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Pada Pelajaran Matematika .