PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 03 TALANG EMPAT BENGKULU TENGAH

Main Authors: Susana, Sopti, Ismail, Ismail, Karjiati, Karjiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5018/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-sop.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/5018/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-sop.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/5018/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 03Talang Empat Bengkulu Tengah dengan menerapkan Metode Eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 03 Talang Empat Bengkulu Tengah dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes tertulis. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi (pengamatan), tes dan dokumentasi. Data observasi di analisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes di analisis dengan menggunakan rata-rata nilai presentase ketuntasan belajar siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam dua siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 29,5 dengan keriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor menjadi 35,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 28,25 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor menjadi 34 dengan kriteria baik. Adapun untuk hasil tes pada siklus 1 mendapat nilai rata-rata kelas 63 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 60% dan meningkat pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas 73,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 85,71%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V SDN 03Taalang Empat Bengkulu Tengah.