PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 50 SELUMA

Main Authors: Rusmiyati, Rusmiyati, Hasnawati, Hasnawati, Daimun , Hambali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5016/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-rus.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/5016/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-rus.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/5016/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa setelah menerapkan metode eksperimen dengan diskusi kelompok di kelas V SD Negeri 50 Seluma.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 50 Seluma tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kreteria skor. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa 70 % nilai ratarata siswa 6,70, rata-rata skor observasi guru 33,5 termasuk kreteria baik dan rata-rata skor observasi siswa 34 dengan kreteria baik. Pada siklus II persentasi ketuntasan belajar siswa 87,3 % dengan nilai rata-rata skor observasi siswa 44 termasuk kreteria baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas proses pembelajaran dan prestasi pada pembelajaran IPA siswa SD Negeri 50 Seluma kelas V. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat diberikan saran agar semua guru berusaha mencoba menerapkan metode ini dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA dan sebelum proses pembelajaran hendaknya guru menjelaskan tata cara pelaksanaan diskusi ini dengan benar.