PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL SAVI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS VB SD IT IQRA’1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Lestari, Rini, Herman , Lusa, Sri , Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5015/1/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-rin.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/5015/2/I%2CII%2CIII%2C1-13-rin.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/5015/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi melalui penerapan model pembelajaran SAVI dengan menggunakan media gambar seri di kelas VB SD IT IQRA’1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan 26 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan menulis karangan narasi,lembar penilaian afektif, dan lembar penilaian psikomotor. Teknik pengumpulan data diperoleh dari pengamatan, dokumentasi dan tes kemampuan menulis karangan narasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan aktivitas guru dan siswa serta hasil tes kemampuan manulis karangan narasi. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 22,5 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata skor 25,5 dengan kategori baik.Hasil pengamatan aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu 22,5 dengan kategori cukup pada siklus I, meningkat 26 dengan kategori baik pada siklus II. Hasil tes kemampuan siswa menulis karangan narasi juga menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata kelas 68,8 dengan persentase ketuntasan klasikal 50%, di siklus II dengan nilai rata-rata 78,9 dengan persentase ketuntasan klasikal 80%. Hasil penilaian afektif juga menunjukkan peningkatan yaitu 11,46 dengan kategori cukup pada siklus I, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata skor 12,46 dengan kategori baik. Hasil penilaian psikomotor juga menunjukkan peningkatan yaitu 8,07 dengan kategori cukup pada siklus I dan 10,03 dengan kategori baik pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI dengan menggunakan media gambar seri, dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran menulis dan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi.