STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI SD NEGERI 103 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Putra, , Andri, Puspa , Djuwita, Wurjinem, Wurjinem |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5010/1/Skripsi%20Andri%20Putra-0.pdf http://repository.unib.ac.id/5010/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang menggunakan metode diskusi kelompok dan menggunakan metode penugasan dikelas V SDN 103 Kota Bengkulu. Penelitian ini mendapatkan perlakuan sebanyak 8 kali yakni penggunaan metode diskusi kelompok sebanyak 4 kali dan penggunaan metode penugasan sebanyak 4 kali pada mata pelajaran yang sama. Penelitian menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas V SDN 103 Kota Bengkulu, yang merupakan sampel dari penelitian di SDN 103 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi berupa foto-foto siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik t-tes. Uji t yang dilakukan diperoleh nilai thit = 8,28 dan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan ttabel pada taraf signifikan 1% = 2,66. Jadi thit > ttabel yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar PKn siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok dan dengan menggunakan metode penugasan pada kelas V SDN 103 Kota Bengkulu. Berdasarkan nilai rata- rata hasil belajar siswa untuk kelas V SDN 103 Kota Bengkulu yang menggunakan metode diskusi kelompok yaitu sebesar 7,67 sedangkan nilai rata- rata hasil belajar yang menggunakan metode penugasan adalah sebesar 5,79. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar PKn siswa pada kelas V SDN 103 Kota Bengkulu dalam pembelajaran metode diskusi kelompok lebih tinggi daripada pembelajaran yang menggunakan metode penugasan.