PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS VA SDN 52 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Surya Hernawati, , Anek, Herman , Lusa, Lukman, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5008/1/Skripsi%20Anek%20Surya%20Hernawati-0.pdf http://repository.unib.ac.id/5008/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN 52 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 35 orang. Instrument yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar penilaian perilaku siswa, serta lembar tes tertulis. Hasil yang dicapai dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30,25 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh rata- rata skor menjadi 32 dengan kriteria baik, sementara selisih skor adalah 1,75. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30,75 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor menjadi 32,25 kriteria baik dengan selisih skor 1,50. Untuk penilaian perilaku siswa pada siklus I diperoleh skor 65,87 dan pada siklus II diperoleh skor 82,43. Untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 65,85 dengan daya serap sebesar 65,85% dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 57,14%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 78,71 dengan daya serap sebesar 78,71% dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 88,57%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.