PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN MOVING CARTON ANIMATION MEDIA OF EXACT EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES, HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA (Pembelajaran IPA Materi “Air Dan Alam Sekitar” Kelas VB SDN 1 RSBI Kota Bengkulu)

Main Authors: Sari, , Aneng Puspita, Dalifa, Dalifa, Endang , Widi Winarni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5007/1/Skripsi%20Aneng%20Psupita%20Sari--0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5007/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas proses, hasil belajar dan mengembangkan karakter siswa pada pembelajaran IPA dengan materi “air dan alam sekitar” 5B SDN 1 RSBI Kota Bengkulu melalui penerapan model Quantum Teaching menggunakan moving carton animation media of exact education. Subjek penelitian adalah guru IPA dan siswa kelas 5B SDN 1 RSBI Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Data lembar observasi karakter dianalisis secara kualitatif dengan indikator penilaian Belum Tampak (BT), Mulai Terlihat (MT), Mulai Berkembang (MB), dan Membudaya dengan Konsisten (MK). Hasil penelitian ini yaitu :1) Nilai rata-rata observasi guru siklus I sebesar 46 dengan kriteria cukup dan rata-siklus II sebesar 58,5 kriteria baik. Rata-rata observasi siswa 43,5 siklus I dengan kriteria cukup, siklus II sebesar 57,5 dengan kriteria baik. 2) hasil belajar pada aspek kognitif siklus I sebesar 74,77 dengan ketuntasan klasikal 65,38%, pada siklus II sebesar 80,92 dengan ketuntasan klasikal 80,76%. Nilai rata-rata diskusi siswa pada siklus I sebesar 74,64 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 71,42%, dan pada siklus II sebesar 87,14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Persentase aspek afektif pada siklus I sebesar 48,07% dan pada siklus II sebesar 63,46%. Persentase pada aspek psikomotor di siklus I sebesar 48,07% dan pada siklus II sebesar 59,4%. 3) Perkembangan karakter pada siklus I berada pada indikator MB, dan pada siklus I perkembangan karakter siswa berada pada indikator MB dan mulai bergerak menuju indikator MK. Nilai karakter yang mendapat persentase tertinggi adalah jujur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching menggunakan moving carton animation of exact education dapat meningkatkan kualitas proses, hasil, dan mengembangkan karakter siswa pada pembelajaran IPA dengan materi “air dan alam sekitar” kelas 5B SDN 1 RSBI Kota Bengkulu.