PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERMAINAN MENGGUNAKAN MEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 40 KOTA BENGKULU

Main Authors: Puspitasari, , Anita, Pudji , Hartuti, Herman , Lusa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5006/1/Skripsi%20Anita%20Puspitasari--0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5006/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa, kualitas proses guru dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah kelas III SDN 40 Kota Bengkulu. instrument yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk esai. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan (observasi) dan tes prestasi dengan teknik analisis data untuk data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 34,5 dengan kriteria cukup, rata-rata skor observasi siswa sebesar 34,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 44 dengan kriteria baik, rata-rata skor observasi siswa sebesar 44 dengan kriteria baik. (2) hasil analisis rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I IPS sebesar 6, IPA 6,09, Bahasa Indonesia 6,43, Matematika 8,22, dan PKn 5,89. Semakin meningkat pada siklus II yaitu IPS sebesar 7,3, IPA 7,7, Bahasa Indonesia 8,6, Matematika 8,5 dan PKn 7,0. (3) hasil analisis rata-rata ranah afektif pada siklus I IPS sebesar 11, IPA sebesar 10,5, Bahasa Indonesia 10,1, Matematika 10,1, dan PKn 10,23. Meningkat pada siklus II yaitu IPS sebesar 12,43, IPA 12,43, Bahasa Indonesia 13, Matematika 12,69, dan PKn sebesar 12,65. (4) hasil analisis rata-rata ranah psikomotor pada siklus I yaitu IPS sebesar 8,78, IPA sebesar 8,65, Bahasa Indonesia 8,26, Matematika sebesar 8,87, dan PKn sebesar 8,65. Meningkat pada siklus II yaitu IPS sebesar 10,13, IPA 10,04, Bahasa Indonesia sebesar 9,87, Matematika 10,18, dan PKn sebesar 9,83. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan media sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 40 Kota Bengkulu serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.