PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ASSISTED DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA AKSES BLOG PADA MATERI PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA KELAS V MATA PELAJARAN IPA

Main Authors: Anstartika, Anstartika, Endang , Widi Winarni, Nani , Yuliantini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/5003/1/Skripsi%20Antstartika--0.pdf
http://repository.unib.ac.id/5003/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajar IPAsiswa antara yang menggunakanpembelajarancoopetarif learning tipe JIGSAW dengan media akses blogdan yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe STAD dengan media aksesblog di kelas V SDN 1 RSBI Kota Bengkulu. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.PopulasiadalahseluruhsiswakelasV SDN 1 RSBI Kota Bengkulu dan yang menjadisampeladalahkelasV RSBI 1sebagaikelaseksperimen 1 yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblog, serta kelas V RSBI 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan pembelajaran cooperatif learning tipe STAD dengan media akses blogyang terpilihmelaluiujihomogenitas. Instrumenpenelitian yang digunakanadalahsoalpretest, soalpost testyang terdiridari 20 butirsoaldanlembaraktivitassiswauntukkeduakelassampel.Analisa data yang digunakanadalahujinormalitas, ujihomogenitas, danuji-t.Berdasarkananalisis data penelitiandiproleh, nilai rata-rata darihasilpost testuntukkelaseksperimen1 yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblogadalah 82,6dengantingkatketuntasansebesar87,13%dankelaseksperimen 2 yang menggunakanpembelajarancooperatife learning tipe STAD dengan media aksesblogadalah 74,84dengantingkatketuntasansebesar62,25 %, danaktivitassiswakelaseksperimen 2beradapadakategoricukupsedangkanaktivitassiswakelaseksperimen 1beradapadakategoribaik. Uji-t keduakelassampeldengan α = 0.01 diperolehthitung = 3,31sedangkanttabel (0.99)(62) = 2,39berartithitung>ttabelsehingga Ha diterima. Dengandemikianterdapatperbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang menggunakan pembelajarancooperatife learnng tipe JIGSAW dengan media aksesblogdengan kelas yang menggunakan cooperatife learning tipe STAD dengan media akses blog. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapenggunaanpembelajarancooperatife learning tipe JIGSAW dengan media aksesblogmemberikanhasilbelajarsiswa yang lebihbaikpadamateri perubahan kimia dan fisika.