PENERAPAN METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK KELOMPOK B TKIT PAUD RABBANI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Siswati, Sumik , Mona , Ardina, Wembrayarli, Wembrayarli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4993/1/SUMIK%20SISWATI.pdf http://repository.unib.ac.id/4993/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Talaqqi dapat meningkatkan hasil belajar menghafal surat Al-Fatihah pada anak yang meliputi 5 aspek yang dapat di kelompokkan menjadi kemampuan menirukan bacaan ayat, menghafalkan penggalan ayat, dan menghafalkan surat. Setiap aspek di beri kategori sangat baik (skor A = 4), baik (skor B = 3 ), cukup (skor C = 2 ) dan kurang (skor D = 1 ). Penilaian tiap kategori menggunakan bantuan lembar indikator. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Desember 2011. Subyek penelitian ini berjumlah 10 anak pada kelompok B TKIT Paud Rabbani Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan tiap siklus di lakukan 3 kali pertemuan. Data dianalisis menggunakan nilai K (keberhasilan ), hasil yang di dapat, pada siklus 1 (rata- rata kelas 49,8 dengan nilai K = 60 % ) dan pada siklus 2 (rata-rata kelas 52,8 dengan nilai K = 80% ). Hal ini menunjukkan bahwa metode Talaqqi dapat meningkatkan hasil belajar menghafal Al-Qur’an terutama surat Al-Fatihah pada anak.