PENERAPAN METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK KELOMPOK B TKIT PAUD RABBANI KOTA BENGKULU

Main Authors: Siswati, Sumik , Mona , Ardina, Wembrayarli, Wembrayarli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4993/1/SUMIK%20SISWATI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4993/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Talaqqi dapat meningkatkan hasil belajar menghafal surat Al-Fatihah pada anak yang meliputi 5 aspek yang dapat di kelompokkan menjadi kemampuan menirukan bacaan ayat, menghafalkan penggalan ayat, dan menghafalkan surat. Setiap aspek di beri kategori sangat baik (skor A = 4), baik (skor B = 3 ), cukup (skor C = 2 ) dan kurang (skor D = 1 ). Penilaian tiap kategori menggunakan bantuan lembar indikator. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Desember 2011. Subyek penelitian ini berjumlah 10 anak pada kelompok B TKIT Paud Rabbani Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan tiap siklus di lakukan 3 kali pertemuan. Data dianalisis menggunakan nilai K (keberhasilan ), hasil yang di dapat, pada siklus 1 (rata- rata kelas 49,8 dengan nilai K = 60 % ) dan pada siklus 2 (rata-rata kelas 52,8 dengan nilai K = 80% ). Hal ini menunjukkan bahwa metode Talaqqi dapat meningkatkan hasil belajar menghafal Al-Qur’an terutama surat Al-Fatihah pada anak.