MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN GEOMETRI DADU DI KELOMPOK B.6 TAMAN KANAK-KANAK WITRI 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Astuti, Kartika , Agus, Makmurtomo, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4986/1/KARTIKA%20ASTUTI-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/4986/
Daftar Isi:
  • Dalam kehidupan anak sehari-hari anak tidak dapat mengungkapkan bentuk benda yang anak temui dalam kehidupannya, seperti bentuk televisi, meja, bentuk bola, kue donat kesukanya. Oleh sebab ini penelitian bertujuan mendeskripsikan permainan yang menari minat anak dalam mengenal bentuk geometri, dengan melihat ke bentuk gambar yang biasa dilihatnya sehari-hari. Dengan permainan geometri dadu ini di harapkan anak semakin bertambah pemahaman dalam mengenal bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang mana subjek penelitian adalah perserta didik di kelompok B.6 Taman Kanak-Kanak Witri l yang berjumlah 10 orang anak, terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 4 orang anak Perempuan. Penelitian ini melalui 3 siklus , yang mana data di analisis menggunakan nilai K ( Keberhasilan ),hasil yang di dapat pada siklus l rata-rata = 8 dengan nilai K = 24 % , siklus ll rata-rata 8,8 dengan nilai K = 44 % dan pada siklus lll rata-rata = 9,6 dengan nilai K = 80.7 %. Hal ini di lihat dari masing-masing siklus menunjukkan selalu ada peningkatan, Berarti permainan geometri dadu sudah dapat di katakan 80,7 % berhasil . Dengan demikin dapat di simpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan permainan geometri dadu dapat mengembangkan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Witri 1 Kota Bengkulu.