IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING (MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Main Authors: Susanty, Hanni , Kancono, Kancono, Wiwit, Wiwit
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4979/1/Skripsi%20Hanni%20Susanty-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/4979/
ctrlnum 4979
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/4979/</relation><title>IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING&#xD; (MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM)&#xD; YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN&#xD; AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA</title><creator>Susanty, Hanni </creator><creator>Kancono, Kancono</creator><creator>Wiwit, Wiwit</creator><subject>QD Chemistry</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam&#xD; tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan),&#xD; observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas&#xD; dan hasil belajar kimia siswa kelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu pada&#xD; materi Reaksi Redoks dengan menerapkan Modification of Reciprocal Teaching&#xD; (Moderat) melalui Structure Exercise Methode (SEM) yang berbasis&#xD; konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,&#xD; post test, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis&#xD; deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I aktivitas belajar siswa&#xD; berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 25, pada siklus II berada pada&#xD; kategori baik dengan rata-rata skor 35 dan rata-rata skor 41 pada siklus III dengan&#xD; kategori baik. Peningkatan aktivitas siswa mengakibatkan peningkatan pada hasil&#xD; belajar. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I&#xD; sebesar 66,47, siklus II meningkat menjadi 73,23 dan siklus III meningkat&#xD; menjadi 77,06. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada&#xD; siklus I sebesar 61,76%, siklus II meningkat menjadi 82,35% dan siklus III&#xD; meningkat menjadi 91,17%. Dari hasilpenelitianini, dapat disimpulkan bahwa&#xD; penerapan Modification of Reciprocal Teaching (Moderat) melaluiStructure&#xD; ExerciseMethode(SEM)&#xD; yang&#xD; berbasiskonstruktivismedapat&#xD; meningkatkan&#xD; aktivitas dan hasil belajar kimia siswakelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota&#xD; Bengkulu.</description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/4979/1/Skripsi%20Hanni%20Susanty-0.pdf</identifier><identifier> Susanty, Hanni and Kancono, Kancono and Wiwit, Wiwit (2012) IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING (MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB. </identifier><recordID>4979</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Susanty, Hanni
Kancono, Kancono
Wiwit, Wiwit
title IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING (MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA
publishDate 2012
topic QD Chemistry
url http://repository.unib.ac.id/4979/1/Skripsi%20Hanni%20Susanty-0.pdf
http://repository.unib.ac.id/4979/
contents Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu pada materi Reaksi Redoks dengan menerapkan Modification of Reciprocal Teaching (Moderat) melalui Structure Exercise Methode (SEM) yang berbasis konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, post test, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 25, pada siklus II berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 35 dan rata-rata skor 41 pada siklus III dengan kategori baik. Peningkatan aktivitas siswa mengakibatkan peningkatan pada hasil belajar. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 66,47, siklus II meningkat menjadi 73,23 dan siklus III meningkat menjadi 77,06. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 61,76%, siklus II meningkat menjadi 82,35% dan siklus III meningkat menjadi 91,17%. Dari hasilpenelitianini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Modification of Reciprocal Teaching (Moderat) melaluiStructure ExerciseMethode(SEM) yang berbasiskonstruktivismedapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswakelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu.
id IOS6175.4979
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:04:42Z
last_indexed 2018-09-17T09:04:42Z
recordtype dc
_version_ 1683771093078245376
score 17.538404