IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING (MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA
Main Authors: | Susanty, Hanni , Kancono, Kancono, Wiwit, Wiwit |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4979/1/Skripsi%20Hanni%20Susanty-0.pdf http://repository.unib.ac.id/4979/ |
ctrlnum |
4979 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/4979/</relation><title>IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING
(MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM)
YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA</title><creator>Susanty, Hanni </creator><creator>Kancono, Kancono</creator><creator>Wiwit, Wiwit</creator><subject>QD Chemistry</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan),
observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar kimia siswa kelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu pada
materi Reaksi Redoks dengan menerapkan Modification of Reciprocal Teaching
(Moderat) melalui Structure Exercise Methode (SEM) yang berbasis
konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,
post test, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis
deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I aktivitas belajar siswa
berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 25, pada siklus II berada pada
kategori baik dengan rata-rata skor 35 dan rata-rata skor 41 pada siklus III dengan
kategori baik. Peningkatan aktivitas siswa mengakibatkan peningkatan pada hasil
belajar. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I
sebesar 66,47, siklus II meningkat menjadi 73,23 dan siklus III meningkat
menjadi 77,06. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada
siklus I sebesar 61,76%, siklus II meningkat menjadi 82,35% dan siklus III
meningkat menjadi 91,17%. Dari hasilpenelitianini, dapat disimpulkan bahwa
penerapan Modification of Reciprocal Teaching (Moderat) melaluiStructure
ExerciseMethode(SEM)
yang
berbasiskonstruktivismedapat
meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar kimia siswakelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota
Bengkulu.</description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/4979/1/Skripsi%20Hanni%20Susanty-0.pdf</identifier><identifier> Susanty, Hanni and Kancono, Kancono and Wiwit, Wiwit (2012) IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING (MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB. </identifier><recordID>4979</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Susanty, Hanni Kancono, Kancono Wiwit, Wiwit |
title |
IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING
(MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM)
YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA |
publishDate |
2012 |
topic |
QD Chemistry |
url |
http://repository.unib.ac.id/4979/1/Skripsi%20Hanni%20Susanty-0.pdf http://repository.unib.ac.id/4979/ |
contents |
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan),
observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar kimia siswa kelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu pada
materi Reaksi Redoks dengan menerapkan Modification of Reciprocal Teaching
(Moderat) melalui Structure Exercise Methode (SEM) yang berbasis
konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,
post test, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis
deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I aktivitas belajar siswa
berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 25, pada siklus II berada pada
kategori baik dengan rata-rata skor 35 dan rata-rata skor 41 pada siklus III dengan
kategori baik. Peningkatan aktivitas siswa mengakibatkan peningkatan pada hasil
belajar. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I
sebesar 66,47, siklus II meningkat menjadi 73,23 dan siklus III meningkat
menjadi 77,06. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada
siklus I sebesar 61,76%, siklus II meningkat menjadi 82,35% dan siklus III
meningkat menjadi 91,17%. Dari hasilpenelitianini, dapat disimpulkan bahwa
penerapan Modification of Reciprocal Teaching (Moderat) melaluiStructure
ExerciseMethode(SEM)
yang
berbasiskonstruktivismedapat
meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar kimia siswakelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota
Bengkulu. |
id |
IOS6175.4979 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:04:42Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:04:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683771093078245376 |
score |
17.538404 |