PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Main Authors: Anggraini, Nike , Irdam , Idrus, Abas, Abas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4973/1/Skripsi%20Nike%20Anggraini.pdf
http://repository.unib.ac.id/4973/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA1 yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan kelas XI IPA2 yang menggunakan pembelajaran model kooperatif STAD pada pokok bahasan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kota Bengkulu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu XI IPA1 yang terdiri dari 31 siswa dan kelas XI IPA2 yang terdiri dari 32 siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes berupa tes tertulis bentuk objektif sebanyak 13 soal dengan alternatif 5 pilihan jawaban yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Dari hasil penelitian, didapat rata-rata nilai tes siswa kelas XI IPA1 yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 63,58 dan rata-rata nilai tes siswa kelas XI IPA2 yang menggunakan pembelajaran model kooperatif STAD adalah 78,09. Selisih hasil belajar siswa pada kedua kelas perlakuan sebesar 14,51. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kota Bengkulu.