PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Febrianti, Dini, Abas, Abas, Sri , Irawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4970/1/Dini%20Febrianti%20%28A1D008001%29.pdf http://repository.unib.ac.id/4970/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan yang menggunakan metode eksperimen kuasi, dengan membagi kelompok penelitian menjadi dua kelompok. Teknik pengambilan sampel, yaitu secara tak acak bertujuan (purposive sampling). Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 68 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes, berupa tes tertulis bentuk uraian sebanyak 5 butir soal, yang telah melalui uji validitas dan reabilitas. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji Mann Whitney untuk sampel besar (jika n ≥ 20), yang menggunakan harga kritik Z dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian rerata nilai hasil belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW sebesar 74,32 dan rerata nilai hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 65,62. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh Zhitung > Ztabel (3,704 > 1,96). Maka dapat disimpulkan untuk menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha), yang artinya terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu.