PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Authors: | Sumartina, Leiza , Agus , Joko Purwadi, Arifin, Arifin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4961/1/Leiza%20Sumartina.pdf http://repository.unib.ac.id/4961/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Indonesia pada anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Sumber data penelitian ini berasal dari guru dan siswa kelas VB (bagian C) SDLB Negeri Kota Bengkulu sebagai subjek penelitian. Data penelitian berupa kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia yang berlangsung di kelas VB (bagian C) Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif meliputi tiga akhir kegiatan terjadi secara bersamaan dan terus menerus selama dan setelah pengumpulan data, yaitu: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan/verifikasi. Dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dari tahap persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan evaluasi. Penggunaan bahasa pada siswa tunagrahita dan gangguan-gangguan yang dialami siswa tunagrahita. Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SDLB Negeri Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2011/2012, tidak begitu berbeda dengan pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak normal lainnya. Penggunaan bahasa siswa tunagrahita sangat sederhana dan tidak terjadi kompleksitas pada kalimat-kalimat yang diucapkannya. Gangguan-gangguan yang sering dialami siswa tunagrahita ketika belajar bahasa Indonesia terutama pelajaran membaca dan berbicara adalah gangguan pada ujaran (artikulator) yang menyebabkan pengucapan yang kurang jelas dan berulang-ulang.