PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN 86 KOTA BENGKULU

Main Authors: Daniati, , Maria Eva, Puspa , Djuwita, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4956/1/Skripsi%20Maria%20Eva%20Daniati.pdf
http://repository.unib.ac.id/4956/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 86 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian kemampuan berpikir kritis, kerja kelompok serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 33,5 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 33 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 34 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 33,5 dengan kriteria baik. Hasil presentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus 1 pertemuan I sebesar 58,24% dan pertemuan II 61,76% pada siklus II presentase berpikir kritis meningkat menjadi 69,35% pada pertemuan I 77,19% pertemuan II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 86 Kota Bengkulu meningkat.