HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SINGARAN PATI KOTA BENGKULU

Main Authors: Nopriyansyah, , Levi, Hasnawati, Hasnawati, Abdul, Muktadir
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4955/1/Skripsi%20Levi%20Nopriyansyah.pdf
http://repository.unib.ac.id/4955/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kreativitas, dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar negeri di Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu. Teknik yang digunakan adalah stratified random sampling. Diperoleh perwakilan sekolah di Singaran Pati adalah SD Negeri 24, SD Negeri 42. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan soal tes. Angket untuk memperoleh data kreativitas siswa, sedangkan soal tes untuk memperoleh data prestasi belajar Matematika. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji hipotesis. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data kreativitas, data hasil belajar Matematika. Dengan hasil korelasi xy maka diperoleh rxy = 0,760 > r tabel 0,235 pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu. memiliki kreativitas cukup tinggi sebanyak 59,70 %, dan Hasil belajar yang cukup kompeten sebanyak 83,58%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar di kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu.