FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VA SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU

Main Authors: Kusmirawati, Kusmirawati, Lukman, Lukman, Wurjinem, Wurjinem
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4954/1/Skripsi%20Kusmirawati.pdf
http://repository.unib.ac.id/4954/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VA SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Dengan adanya permasalahan tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas Va SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif- kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Dari analisis data menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VA ini yaitu, guru mengajar tidak sesuai dengan prosedur yang ada di RPP. Seperti pada kegiatan awal, guru tidak melakukan apersepi dan tidak memyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Metode yang digunakan guru dalam mengajar belum bervariasi, begitu juga dengan pendekatan pembelajaran, masi sangat tradisional. Guru juga tidak menggunakan media pada saat melakukan pembelajaran, serta sumber pembelajaran tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Guru juga jarang memberikan evaluasi pembelajaran, serta tindak lanjut tidak pernah guru berikan kepada siswa. Sikap siswa dalam menerima pembelajaran ada yang aktif, ada yang mengobrol, ada yang gelisah bahkan ada yang termenung. Saran dari peneliti, untuk membangun adanya interaksi yang efektif dalam proses pembelajaran, guru perlu memperhatikan komponen pembelajaran sebelum mengajar. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya agar pembelajaran yang disampaikan guru dapat teratur, terarah bahkan bermanfaat.