PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN BERMAIN PERAN PADA KELAS V SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Krisno, Triwidiyan, Lukman, Lukman, Herman , Lusa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4953/1/KRISNO%20TRIWIDIYAN.pdf http://repository.unib.ac.id/4953/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Negeri No.24 Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Make A Match dengan Bermain Peran. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi guru dan siswa serta laporan lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang siswa. Dari hasil nilai observasi guru dari siklus I dan II dengan kreteria baik yakni rata-rata dengan nilai 34 sedangkan nialai observasi sisa rata-rata 25 dengan kreteria baik.Dengan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa yaitu, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 6,9, dan siklus II 7,61. Daya serap klasikal pada siklus I sebesar 6,7%,siklus II 89,2%. Rata-rata aktifitas siswa pada siklus I adalah 24 pada kriteria baik, siklus II 26 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk rata-rata skor aktifitas guru pada siklus I sebesar 33 pada kriteria baik, siklus II 35 dengan kriteria baik.