STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU KELAS V A DALAM MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU

Main Authors: Riani, , Ida., Puspa , Djuwita, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4948/1/Skripsi%20Ida%20Riani.pdf
http://repository.unib.ac.id/4948/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru kelas V A dalam mengadakan variasi mengajar pada pembelajaran PKn di SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-eksploratif. Subjek penelitian adalah guru PKn kelas VA. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Dari analisis data menunjukkan bahwa guru belum sepenuhnya menggunakan variasi mengajar dalam proses pembelajaran PKn. Variasi gaya mengajar guru pada saat membuka pelajaran hanya menggunakan variasi suara, kontak pandang dan pergantian posisi guru dalam kelas, pada saat kegiatan inti pelajaran variasi gaya mengajar belum sepenuhnya diterapkan dan pada saat menutup pelajaran guru hanya melakukan pergantian posisi di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran seperti gambar-gambar, mendengarkan rekaman, mengundang narasumber, memanipulasi benda-benda seperti patung, mainan dan sebagainya, tetapi guru terkadang meminta siswa untuk membacakan wacana tertentu, sedangkan siswa yang lain mendengarkan apa yang dibacakan. Variasi pola interaksi yang terjadi pada saat membuka, kegiatan inti dan menutup pelajaran PKn hanya bersifat satu arah.