PENERAPAN PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Main Authors: Raythomi, Ria, Osa, Juarsa, Sri , Ken Kustianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4943/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-ria.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4943/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-ria.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4943/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata PKn kelas V Semester II SD Negeri 01 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Subjek penelitian adalah guru kelas V Semester I SD Negeri 01 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2012/2013 pada pembelajaran PKn. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (a) Penyusunan atau merumuskan silabus masih mengadopsi dari Depdiknas, kemudian dianalisis melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). (b) Penyusunan RPP guru masih menggunakan penyusunan yang sangat sederhana belum disesuaikan dengan kurikulum saat ini. (c) Pelaksanaan pembelajaran Pkn guru pada saat mengajar masih menggunakan metode ceramah . (d) Kendala yang dialami guru dalam penerapan KTSP, yakni kurangnya waktu jam mata pelajaran dalam proses pembelajaran PKn.