PENERAPAM MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU

Main Authors: Efriani, Eti Dewi, Nani , Yuliantini, Herman , Lusa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4942/1/ETI%20DEWI%20EFRIANI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4942/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dan rendahnya hasil menulis karangan eksposisi siswa kelas V SD Negeri 58. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi dan meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas V di SD Negeri 58 kota Bengkulu melalui penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar hasil karangan siswa. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai, persentase ketuntasan belajar siswa, sedangkan data tes obsevasi dianalisis dengan rata-rata skor data tes dan kriteria skor. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 36,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh ratarata skor 28 dengan kriteria baik. Kemudian untuk hasil tes menulis karangan eksposisi pada siklus I mendapat nilai rata-rata 67,82 dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 44,12%, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,15 dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 91,18%.