PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD AL MANAR KOTA BENGKULU
Main Authors: | Febrianti, Novi., Endang , Widi Winarni, Sri , Ken Kustianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4933/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-nov.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4933/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-nov.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4933/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SD Al Manar Kota Bengkulu melalui model Problem Based Learning melalui Group Investigation. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas V SD AL Manar Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi terdiri atas lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil observasi guru pada siklus I diperoleh skor 31,5 dengan kriteria “baik” dan masih ada beberapa aspek yang masih dalam kategori “cukup”, meningkat pada siklus II dengan skor 37,25 dengan kriteria “baik” dan seluruh aspek dalam kategori “baik”. Hasil observasi siswa siklus I diperoleh skor 32,5 dengan kriteria “baik”.meningkat pada siklus II dengan skor 375 dengan kriteria “baik”. Nilai LKS siklus I 70 ketuntasan belajar 66,66%, meningkat pada siklus II 84,16 ketuntasan belajar 100%. Nilai tes siklus I di peroleh skor 71,33 ketuntasan belajar 46,67%, meningkat pada siklus II 79,17 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Untuk pengamatan setiap aspek afektif pada siklus I persentase siswa yang mencapai kategori baik meningkat di siklus II. Begitu juga dengan aspek psikomotor persentase jumlah siswa yang mencapai kategori baik juga meningkat pada siklus I ke siklus II. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pembelajara IPA dengan menggunakan Model Problem Based Learning melalui Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Al Manar Kota Bengkulu.