ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA SEBUAH KARANGAN DI KELAS IVA SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Primadona, , Elza, Daimun , Hambali, Dalifa, Dalifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4932/1/Skripsi%20Elza%20Primadona.pdf http://repository.unib.ac.id/4932/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada sebuah karangan di SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data utama berasal dari karangan siswa kelas IVA SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu dan sumber data tambahan yaitu dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian berupa buku EYD. Teknik pengumpulan data adalah studi analisis berupa karangan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah: mengumpulkan data hasil karangan siswa, mengidentifikasi kesalahan berdasarkan aspek kesalahan, membahas masing-masing kesalahan sesuai dengan aspek-aspeknya, menghitung persentase setiap aspek kesalahan huruf kapital dan tanda baca, dan menentukan kriteria persentase setiap aspek kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian, masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital yaitu di judul, penggunaan nama orang, penggunaan awal kalimat, penggunaan nama bangsa, penggunaan nama instansi dan tempat, penggunaan nama hari dan bulan, penggunaan petikan langsung, penggunaan sapaan. Kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan ditemukan tanda baca titik, kesalahan penggunaan tanda baca koma, kesalahan penggunaan tanda baca titik dua, dan kesalahan penggunaan tanda baca kutip. Kesalahan yang ditemukan setiap aspek jumlahnya berbeda-beda. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.