UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUMI AGUNG
Main Authors: | Ngatiem, Ngatiem, Pudji , Hartuti, Afifatus , Sholihah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4931/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-nga.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4931/2/IV%2CV%2CLAMP%2Clamp%2C1-13-nga.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4931/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 20 Tebing Tinggi dalam pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bumi Agung dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Bumi Agung yang berjumlah 21 orang terdiri 11 laki-laki dan 10 perempuan. Fokus penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share dan eksperimen dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitlan ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus;, setiap siklus menempuh: empat tahapan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa observasi dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model Think Pair and Share dan eksperimen dapat ditingkatkan. Persentase jumlah siswa yang tuntas dari pra siklus, siklus I sampai siklus II berturut-turut adalah : pra siklus sebesar 52,38%, siklus I sebesar 76,16% dan siklus II sebesar 100%. Rata-rata nilai pada pra siklus 62,38, siklus I sebesar 67,38, dan meningkat menjadi 75,95 pada siklus II. Besar Persentase peningkatan hasil belajar setelah diberi tindakan sebesar 14,89%