PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELOMPOK PROBLEM BASED LEARNING MELALUI KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN KELOMPOK PROBLEM BASED LEARNING MELALUI KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD
Main Authors: | Haryani Putri, , Elvi , Endang , Widi Winarni, Rita , Sinthia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4930/1/Skripsi%20Elvi%20Haryani%20Putri.pdf http://repository.unib.ac.id/4930/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa antara kelompok Problem Based Learning melalui kooperatif tipe Numbered Head Together dengan kelompok Problem Based Learning melalui kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPA kelas V SD. Populasi pada penelitian ini adalah seluru siswa kelas V yang terdiri dari kelas VA,VB dan VC SDN 24 Kota Bengkulu. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah dua kelas yang homogen yaitu kelas VA dan kelas VB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik t-tes. Uji t yang dilakukan pada hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa antara kelompok Problem Based Learning melalui kooperatif tipe Numbered Head Together dengan kelompok Problem Based Learning melalui kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPA kelas V SD.