PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SDN 130 SELUMA

Main Authors: Murman, Murman, Daimun, Hambali, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4925/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-mur.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4925/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-mur.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4925/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri 130 Seluma.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Tehnik analisis data yaitu data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor kiasaran. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh hasil analisis observasi guru 26,5 dengan kriteria cukup hasil analisis observasi siswa 18,5 dengan kriteria kurang nilai rata-rata hasil tes 5,8 dengan ketuntasan klasikal 50 %. Pada siklus II mengalami peningkatan di peroleh hasil analisis observasi guru menjadi 31,5 dengan kriteria baik,hasil analisis observasi siswa 31 dengan kriteria baik nilai hasil tes dengan rata-rata 7,3 dengan ketuntasan klasikal 85 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VI SD 130 Seluma