STUDI PERBANDINGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN INKUIRI DITINJAU DARI PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 69 KOTA BENGKULU

Main Authors: Parwanti, , Dwi , Endang , Widi Winarni, Anni , Suprapti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4922/1/DWI%20PARWANTI.pdf
http://repository.unib.ac.id/4922/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) perbedaan pretasi belajar Matematika antara kelompok pendekatan pembelajaran inkuiri dan ekspositori; 2) perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok tingkat kecerdasan tinggi, sedang, dan tingkat kecerdasan rendah; dan 3) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan tingkat kecerdasan terhadap hasil belajar Matematika. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Pada kelompok eksperimen diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri dan pada kelompok kontrol dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Sampel ditetapkan dengan random sampling, diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol. Hasil penghitungan diperoleh: 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar (p>0,05) antara kelompok pendekatan inkuiri dan ekspositori (F = 12,968) dan (sig. = 0,025), dari skor rata-rata kelompok pendekatan inkuiri (9,31) lebih tinggi dari ekspositori (8,52); 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar (p>0,05) antara kelompok tingkat kecerdasan tinggi, sendang, dan rendah (F = 1,286) dan (sig. = 0,428) dengan skor rata-rata kelompok tingkat kecerdasan tinggi (10,67), tingkat kecerdasan sedang (8,86), dan tingkat kecerdasan rendah (8,27); dan 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan tingkat kecerdasan terhadap hasil belajar (p>0,05) diperoleh F = 0,723 dan sig. = 0,490. Hasil penelitian ini memberi kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika dibandingkan dengan tingkat kecerdasan siswa. Pendekatan inkuiri sangat efektif diterapkan pada pembelajaran SAINS. Saran yang diberikan supaya dilaksanakan pembelajaran Matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri pada materi perpangkatan dua, akar kuadrat, dan waktu di kelas V SD.