PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MELALUI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 38 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Susanti, , Deni, Wurjinem, Wurjinem, Ansyori , Gunawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4917/1/Skripsi%20Deni%20Susanti.pdf http://repository.unib.ac.id/4917/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 38 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan model STAD melalui metode Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 38,25 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 43,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 36 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 42,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 46,87% dengan nilai rata-rata 76,31 pada siklus II meningkat menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,43. Untuk pengamatan afektif pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 11 siswa dan pada siklus II meningkat mencapai 12 siswa dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai kategori baik. Demikian pula untuk pengamatan psikomotor pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 19 siswa pada siklus II dan meningkat sebanyak 29 siswa untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) melalui metode Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa (IPS “ Kenampakan Alam dan Macam- macam Sumber Daya Alam” kelas IV SD Negeri 38 Kota Bengkulu).