PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 97 SELUMA

Main Authors: Mahardin, Mahardin, Daimun , Hambali, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4910/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-mah.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4910/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-mah.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4910/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 97 Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah proses pembelajaran yang mengunakan model Kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksananaan tindakan, tahap observasi, tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar tes tertulis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ini mengunakan wawancara, pengamatan/observasi dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu data tes dianalisis dengan mengunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor dan kriteria nilai. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh rata-rata skor observasi guru 28,5 dengan kreteria baik dan pada siklus II rata-rata skor observasi guru 35,5 dengan kriteria baik, hasil analisi ketuntasan belajar klasikal 64% dengan nilai rata-rata 6,35. Pada siklus I diperoleh hasil analisis observasi siswa 24,5 dengan kategori baik dan pada siklus II hasil analisis observasi siswa 33 dengan kreteria baik, nilai rata-rata hasil observasi 7,5 dengan ketuntasan klasikal 93 %. Demikian dapat disimpulkan bahwa pengunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V siswa SD Negeri 97 Seluma.