STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLAME BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 65 KOTA BENGKULU

Main Authors: Heri., Santoso, Wurjinem, Wurjinem, Ansyori , Gunawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/4897/1/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-her.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4897/2/I%2CII%2CIII%2C1-13-her.fi.pdf
http://repository.unib.ac.id/4897/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran RME dengan model pembelajaran PBL pada kelas IV SDN 65 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 65 Kota Bengkulu, yang terdiri dari 2 ruangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar = 85,79, sedangkan pada kelas eksperimen 2 = 78,03. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji t dari data hasil belajar kedua kelas sampel. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 4,563 ≥ ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran RME dan model pembelajaran PBL pada kelas IV SDN 65 Kota Bengkulu