PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 12 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH
Main Authors: | Sahri, Harpin, Ismail, Ismail, Karjiati, Karjiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4890/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-har.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4890/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-har.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4890/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 12 Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi 4 tahap kegiatan yakni perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (Action), pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Subyek penelitian ini adalah peneliti yang merupakan guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 12 Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang diperoleh dalam penelitian siklus I yaitu: (1) nilai ratarata observasi aktivitas guru sebesar 26 dengan kategori cukup, (2) nilai rata-rata observasi aktivitas siswa 21 dengan kategori cukup, (3) Nilai rata-rata hasil belajar dari 13 siswa adalah 66 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 61,5%. Sedangkan hasil yang diperoleh dalam penelitian siklus II yaitu: 1) nilai rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 33 dengan kategori baik, (2) nilai rata-rata observasi aktivitas siswa 31 dengan kategori baik, (3) Nilai rata-rata hasil belajar dari 13 siswa adalah 78,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 100%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I dan II yaitu 72,9. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivisme melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.