PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 97 SELUMA
Main Authors: | Haiturahati, Haiturahati, Daimun , Hambali, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/4889/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-hai.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4889/2/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-hai.fi.pdf http://repository.unib.ac.id/4889/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 97 Seluma. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 97 Seluma yang berjumlah 14 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan tes.Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran.sedangkan tes hasil belajar dianalisi menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : 1). Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 dari 2 orang pengamat dperoleh skor rata-rata 28,5 kategori baik, meningkat pada siklus ke 2 menjadi skor rata-rata 30 dengan kategori baik. 2). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata 27 dalam kategori cukup meningkat pada siklus ke 2 menjadi 31,5 dalam kategori baik. 3). Hasil tes belajar siswa diperoleh rata-rata kelas pada siklus 1 63,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 35,7 % meningkat pada siklus 2 menjadi rata-rata nilai 78,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,7 % kesimmpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatka aktivitas pembelajaran dan kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf.